5 Jenis Batu Akik Termahal dan Terpopuler di Kalangan Pecinta Akik Indonesia

Di kalangan pecinta batu akik ada beberapa jenis akik yang sangat mereka sukai. Saya bahkan tidak mengerti, mengapa batu akik itu sangat banyak penggemarnya, sampai-sampai ada yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli 1 biji akik yang kecil. Yah, itulah hobi, kalau sudah menyukai sesuatu pasti akan rela mengeluarkan uang berapapun asal hobinya berjalan dengan lancar.

Bicara tentang batu akik, ternyata ada beberapa jenis batu akik yang sangat digemari oleh para akikers. Beberapa diantaranya ada juga yang harganya sangat mahal. Nah di artikel ini saya coba merangkum 5 jenis batu akik termahal dan paling populer di kalangan pecinta akik Indonesia. Ini dia;

1. Batu Safir




Batu akik jenis Safir ini terkenal sangat indah dan harganya pun sangat mahal. Selain batu ini memang terkenal dengan keindahan, Safir juga dianggap memiliki khasiat untuk menenangkan jiwa si empunya akik (entah itu benar atau tidak).

2. Batu Bacan Hijau




Batu akik Bacan hijau banyak ditemukan di Halmahera, Pulau Kasiruta. Batu jenis ini banyak diburu oleh pecinta batu mulia dari mancanegara maupun dari Indonesia sendiri. Yang membuat batu akik ini unik adalah kemampuannya bermetamorfosis dengan cara alami, dengan kata lain, semakin lama usianya maka batu Baca akan semakin indah. Jenis batu Bacan yang paling terkenal adalah Bacan Doko dan Bacan palamea.

3. Batu Akik Kalimaya



Batu Kalimaya disebut juga dengan black opal. Walaupun akik jenis ini dianggap lebih lembek dibanding dengan batu akik lainnya, namun keindahannya membuat para penggemar akik jatuh cinta kepada batu unik ini. Batu akik Kalimaya bisa ditemukan di Banten, dan di luar negeri banyak ditemukan di negara India, Australia, dan Mesir.

4. Batu Akik Sungai Dareh




Batu akik ini berasal dari Sumatera Barat. Ada banyak sekali orang yang menyukai jenis akik yang satu ini, bahkan disebutkan bahwa beberapa pemimpin negara memakai cincin bermahkotakan batu akik Sungai Dareh, seperti Barrack Obama, dan mantan presiden Indonesia Bambang Susilo Yudhono.

5. Batu Akik Kalsedon



Batu akik Kalsedon juga memiliki keunikan tersendiri. Akik ini seperti memiliki kabut tipis dan transparan. Batu ini banyak ditemukan di sekitar Jawa Barat, dan juga di sekitar Sulawesi Tenggara. Warnanya yang unik dan menarik membuat banyak penggemar batu akik menjatuhkan pilihannya pada akik jenis ini.


Nah di atas tadi ada beberapa jenis gemstone yang harganya mahal dan juga sangat populer di kalangan para pecinta batu akik. Saya pribadi lebih suka dengan batu akik Bacan karena saya suka warnanya yang hijau, membuat hati terasa lebih nyaman.