Bisnis Rumahan Untuk Wanita Karir


Banyak orang yang berbisnis sampingan di luar pekerjaan utama mereka, dan salah satu bisnis yang sering dijalankan adalah usaha rumahan. Wanita karir biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor, sangat sulit untuk membangun bisnis karena waktunya sangat tersita dengan kesibukan kantor.

Sebagian dari kita menganggap bisnis sampingan hanya dikerjakan untuk iseng atau sementara saja. Namun, sebenarnya bisnis sampingan juga harus dikerjakan dengan serius lho agar bisa berhasil. Nah di artikel ini saya akan menuliskan beberapa bisnis rumahan yang cocok untuk wanita karir.

1. Berbisnis Jual Beli Produk Wanita

Hampir semua wanita tidak terlepas dari yang namanya belanja, baik itu belanja kosmetik, fashion, dan peralatan kecantikan lainnya. Wanita memang tercipta sebagai mahluk yang ingin selalu tampil menarik, jadi mereka akan selalu mencari produk yang bisa membuat mereka selalu tampil cantik.

Seorang wanita karir bisa berbisnis sampingan dengan menarget rekan kerja mereka sebagai calon pembeli. Beberapa produk wanita yang cukup banyak peminatnya antara lain, kosmetik, pakaian kerja, busana muslim, tas wanita, dan lain-lain.

2. Berbisnis Online Dari Rumah

Wanita karir tetap bisa berbisnis dari rumah lho, asal bisa mengatur waktu dengan baik. Sulit memang, tapi bukan tidak mungkin. Berbisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang sangat baik untuk dikerjakan oleh para wanita karir karena tidak akan menyita banyak waktu.

Produk yang dijual bisa bermacam-macam, mulai dari produk fisik hingga produk digital. Namun untuk membangun sebuah bisnis online, kita harus punya dasar pengetahuan yang cukup baik agar proses pemasaran online berjalan dengan baik.

3. Berbisnis Investasi

Investasi masih termasuk dalam kategori bisnis, dan bisnis di bidang investasi bisa mengandung resiko. Bisnis investasi sangat cocok untuk mereka yang punya dana berlebih. Walaupun begitu, bisnis ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian karena kesalahan dalam menjalankannya bisa mengakibatkan kebangkrutan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pelajari dahulu bisnis investasi yang ingin dijalankan. Bisnis ini memang sangat menguntungkan tapi cukup banyak juga oknum penipu di sekitar bisnis investasi, karena itu kita harus ekstra waspada.

4. Berbisnis Kos-kosan

Nah bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang punya tanah dilokasi strategis. Bisnis ini memang bisa dipercayakan kepada orang lain untuk mengurangi beban kerja kita, namun berhati-hatilah dalam memilih partner untuk bisnis.

Bisnis kos-kosan memang butuh modal besar di awal untuk membangun gedung untuk kos-kosan beserta dengan fasilitas pendukung lainnya. Namun, jika bisnis ini berjalan di lokasi strategis, misalnya di dekat kampus atau perkantoran, maka akan memberikan keuntungan untuk jangka panjang. Nantinya kita tidak perlu bekerja keras untuk mengelola kos-kosan, dan uangnya cukup menggiurkan.

Di atas tadi adalah beberapa bisnis rumahan untuk wanita karir. Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menginspirasi para calon pengusaha.

Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Ibu rumah tangga sejatinya bertugas untuk mengurus rumah tangga, mulai dari mengurus suami hingga mengurus anak. Tapi sekarang ini banyak sekali ibu rumah tangga yang memiliki usaha sendiri tanpa meninggalkan tugasnya dalam mengurus keluarga.

Bisnis seperti apa sih yang banyak dikerjakan oleh ibu rumah tangga? Berikut ini adalah 3 contoh peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga:

1. Bisnis Rumahan Menjual Pakaian

Bisnis fashion atau pakaian adalah salah satu jenis bisnis yang sangat potensial. Pakaian selalu dicari oleh masyarakat luas, dan modelnya pun bermacam-macam sehingga ada berbagai model pakaian yang bisa dijadikan peluang usaha.

Salah satu model pakaian yang sering dijadikan sebagai lahan bisnis oleh ibu rumah tangga adalah busana muslim. Jenis pakaian ini sangat laris di pasar Indonesia, sehingga peluang usaha ini banyak dijalankan oleh para ibu rumah tangga.

Uniknya bisnis pakaian ini bisa dijalankan dari rumah, mengurus keluarga bisa dilakukan sambil berbisnis. Namun untuk menjalankannya tentu dibutuhkan niat yang sangat kuat dan kerja keras. Para ibu bisa memulai bisnis pakaian dengan modal yang kecil, dan menjual pakaian tersebut ke orang-orang di sekitar rumah.

2. Bisnis Rumahan Menjual Kuliner

Bisnis kuliner laris manis di Indonesia karena masyarakat kita memang terkenal sangat suka makan berbagai jenis kuliner. Pangsa pasar di bisnis kuliner juga masih sangat potensial karena ada banyak jenis kuliner yang diminati oleh masyarakat kita.

Bisnis kuliner yang bisa dijalankan dari rumah adalah membuka warung makan sederhana. Bila rumah kamu berada di sekitar perkantoran atau kampus, maka bisnis warung makan sederhana ini bisa sangat menguntungkan. Target marketnya sudah jelas, yaitu para pekerja kantoran dan mahasiswa, karena itu jenis makanan juga harus disesuaikan.

Bisnis kuliner camilan unik juga punya potensi yang sangat baik. Masyarakat Indonesia yang terkenal suka ngemil pasti selalu mencari camilan unik yang mereka sukai. Untungnya menjual aneka camilan ini bisa juga kita jalankan dari rumah, yaitu dengan menjualnya secara online sehingga biaya sewa tempatnya akan terpangkas.

3. Bisnis Rumahan Menjual Kosmetik

Para wanita tentunya tidak akan pernah lepas dari kosmetik karena wanita sangat suka mempercantik diri. Nah bisnis kosmetik tentu merupakan sebuah peluang usaha yang sangat potensial yang layak kamu pertimbangkan.

Bisnis ini bisa dengan cara bekerja sama dengan vendor terkenal dan menjual produk mereka. Salah satu perusahaan kosmetik yang cukup terkenal adalah Oriflame, produk mereka sudah terbukti berkualitas dan banyak dipakai para wanita.

Enaknya bisnis Oriflame ini bisa dijalankan dengan modal yang sangat kecil dan tidak perlu menyewa tempat usaha. Ada banyak sekali ibu rumah tangga yang meraih keuntungan besar dari berbisnis Oriflame, jadi ini bisa jadi pertimbangkan kamu dalam memilih bisnis rumahan.

Sebenarnya masih ada banyak peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan. Tapi menurut aku 3 bisnis di atas ini adalah yang paling potensial karena peminatnya sangat banyak.

4 Jenis Bisnis Online Yang Cukup Populer



Bagi kita para pemula di bisnis online, tentunya merasa agak kesulitan yang ketika memulainya. Saya membaca beberapa blog tentang bisnis online, dan ternyata ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kita kerjakan, tapi belum tentu semuanya cocok untuk kita kerjakan.
Sebelum kita memutuskan untuk memilih sebuah bisnis online, tentunya kita juga harus terlebih dahulu mengetahui tentang bisnis tersebut dan bagaimana cara menjalankannya. Setelah mempelajari beberapa model bisnis internet tentu kita akan menemukan satu atau dua model bisnis online yang cocok untuk kita jalankan.
Sebaiknya di awal-awal kita jangan mengerjakan banyak model bisnis online, pilih satu atau dua model bisnis online yang memang mampu kita kembangkan. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis online juga harus dimulai dari nol, dan jika bisnis tersebut sudah mulai menghasilkan tetaplah fokus untuk mengembangkannya menjadi lebih besar lagi.
Di bawah ini adalah 4 jenis bisnis online yang cukup populer dijalankan oleh para pengusaha online di Indonesia. Mungkin salah satunya akan sangat cocok untuk kamu kerjakan.

1. Menjual Produk Fisik

Produk fisik ini bisa produk kita sendiri ataupun produk orang lain. Perusahaan besar yang menawarkan program affiliasi untuk produk mereka adalah Amazon.com dan Bhineka.com. Pilih salah satu saja yang menurut kamu paling mudah.

2. Menjual Produk Digital

Produk digital ini bisa berupa ebook (buku elektroknik), video dan audio, themplate, dan produk digital lainnya. Ada banyak sekali orang yang menjual produk-produk digital dan menawarkan program affiliasi bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dari blog.

3. Menjual Jasa Secara Online

Jika kamu punya keahlian khusus, maka kamu bisa menjualnya secara online lho. Salah satu jasa yang cukup banyak peminatnya adalah jasa pembuatan website atau blog, jasa SEO, dan jasa penulis artikel. Pilih salah satu jenis jasa yang kamu kuasai dan tawarkan pada orang lain melalui forum atau media sosial.

4. Ikut Program PPC

Program ini khusus untuk mereka yg punya blog atau website. Jika blog atau website kamu punya banyak pengunjung, maka kamu sangat disarankan untuk ikut program PPC (pay per click) untuk menghasilkan uang dari website tersebut. Salah satu perusahaan yang terkenal untuk program PPC ini adalah Google Adsense.

Untuk memulai bisnis online, tentunya kita harus bisa membuat website atau blog sederhana. Blog tersebut adalah sebagai media untuk kita menjelaskan atau mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan kepada orang lain. Dan jika kamu serius ingin membangun bisnis online jangka panjang maka sangat disarankan untuk memiliki domain dan hosting sendiri. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kamu untuk memilih jenis bisnis online yang cocok untuk dikerjakan.

3 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil


Saat ini semakin banyak orang yang lebih memilih menjadi pengusaha, baik itu pengusaha online ataupun pengusaha offline. Walaupun ada banyak sekali peluang usaha di sekitar kita, tidak semua peluang usaha tersebut bisa kita kerjakan, mungkin karena masalah keterbatasan modal ataupun hal lainnya.

Bila kita berbicara tentang peluang usaha dengan modal kecil, maka ada beberapa pilihan terbaik yang bisa kita ambil. Beberapa peluang usaha tersebut tidak membutuhkan modal besar, namun potensi keuntungannya cukup menjanjikan dan bisa untuk bisnis jangka panjang.

Nah, berikut ini adalah 3 peluang usaha yang bisa kamu jalankan walaupun hanya dengan modal kecil.

1. Bisnis Makanan

Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia, maka bisnis yang berbasis makanan pasti akan selalu laris manis. Tentunya bukan menjual sembarang makanan, tapi makanan yang unik yang sesuai dengan target market yang potensial dengan harga yang terjangkau.

Beberapa contoh bisnis makanan antara lain, membangun restaurant, menjual aneka camilan, dan menjual minuman unik. Banyak kuliner yang dikemas dalam sajian unik dan membuat masyarakat tertarik untuk mencobanya. Salah satu contohnya adalah tahu, kalau dulu orang lebih familiar dengan tahu sumedang, sekarang camilan tahu sudah beraneka ragam, seperti tahu pedas.

Inovasi dalam bisnis kuliner juga sudah beraneka ragam. Cara penyajian kuliner sangat berpengaruh terhadap minat para pelanggan. Jadi kalau kamu punya minat di bisnis kuliner, jangan takut bersaing dengan orang lain. Yang perlu kamu lakukan adalah berusaha untuk membuat bisnis kuliner yang unik dan enak.

2. Bisnis Pakaian

Pakaian juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Jadi, bisnis pakaian sebenarnya punya potensi yang sangat baik untuk jangka panjang. Jika kamu punya minat dalam bidang fashion, maka jangan takut untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis.

Model pakaian saat ini sudah banyak, dan kreasinya juga sangat beragam. Tentunya kamu harus menentukan target market yang ingin dijadikan konsumen, misalnya fashion busana muslim. Busana muslim mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia, jadi pasar bisnis busana muslim di Indonesia tidak akan pernah sepi.

Mereka yang punya hobby dalam merancang pakaian sebaiknya mengembangkan minat tersebut menjadi sebuah usaha. Bisnis yang berawal dari hobby biasanya akan sukses dan terus berkembang karena target marketnya lebih jelas dan punya komunitas tersendiri.

3. Bisnis Online

Nah kalau kita bicara bisnis online tentu akan sangat berkaitan dengan banyak model bisnis. Bisnis online ini memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bisnis online tidak butuh modal besar, bisnis online hanya butuh pengetahuan yang memadai dan niat yang kuat dari kamu.

Salah satu model bisnis di internet adalah blogging for money. Ada banyak blogger yang menghasilkan uang besar dari blog yang mereka kelola, bahkan blog yang dulunya sederhana bisa berubah menjadi blog besar yang terkenal. Penghasilan blog tersebut bisa didapatkan dari berbagai program, misalnya PPC Google Adsense, Bisnis Affiliasi, menjual ebook, dan lain-lain.

Selain blogging, bisnis online lainnya yang sangat potensial dan bisa dilakukan dengan modal kecil adalah dengan membangun toko online. Toko online ini tidak harus punya produk sendiri, kamu bisa bekerjasama dengan supplier lain yang menawarkan program dropship. 

Nah itulah 3 peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kamu kerjakan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Mengembangkan Bisnis Yang Berawal Dari Hobby


Setiap orang pasti punya minat dan hobby masing-masing. Kita melakukan sesuatu yang menjadi minat kita, dan melakukannya dengan kesenangan karena memang menyukainya. Nah uniknya banyak bisnis sukses yang ternyata berawal dari hobby seseorang, bahkan bisa menjadi sebuah usaha berskala besar.

Lalu hobby apa saja yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang menguntungkan? Berikut ini saya akan menulis beberapa jenis hobby yang ternyata sukses dijadikan sebagai peluang bisnis.

1. Hobby Kuliner

Banyak orang yang punya hobby memasak berbagai jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga sajian makanan utama. Tentunya untuk menghasilkan racikan kuliner yang enak dibutuhkan bakat atau kemampuan yang memadai, dan juga punya minat yang besar pada masakan.

Jika kamu punya hobby memasak dan punya berbagai resep masakan khusus, maka ini bisa jadi potensi bisnis yang menguntungkan lho. Misalnya, kamu bisa membangun warung makana atau membangun restaurant dengan ciri khas rasa yang unik. Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah buku resep masakan dan menjualnya secara online, tentu ini bisa memberikan keuntungan juga.

2. Hobby Fashion

Fashion selalu mengalami perubahan, dan hampir setiap tahun selalu ada saja tren baru bermunculan. Buat kamu yang punya minat besar pada fashion dan punya kemampuan dalam mendesain fashion, maka peluang usaha di bidang fashion harus dimanfaatkan. Bisnis di bidang fashion tidak akan pernah habis karena merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia.

Jika kamu punya modal yang memadai, kamu bisa membangun butik sendiri untuk branding. Namun bila saat ini modal belum memadai, ada baiknya kamu bekerjasama dengan orang lain yang memiliki modal dan punya kemampuan dalam hal pemasaran agar hobby fashion kamu bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

3. Hobby Memelihara Hewan

Banyak orang bilang hobby memelihara hewan adalah hobby yang mahal karena merawat hewan peliharaan adalah sesuatu yang tergolong sulit. Jika kamu punya kemampuan dalam bidang ini, kamu harus memanfaatkan kesempatan untuk membangun bisnis di bisnis yang berhubungan dengan hewan.

Salah satu contoh bisnis yang berhubungan dengan hewan adalah bisnis berjualan ikan dan segala perlengkapannya. Ada beberapa jenis ikan yang punya banyak penggemar dan mereka tidak sungkan mengeluarkan uang untuk hobby mereka tersebut. Tentu saja ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan karena pecinta hewan pasti membutuhkan berbagai perlengkapan untuk menjalankan hobby mereka tersebut, dan kamu bisa menjual perlengkapan tersebut.

Nah di atas tadi adalah beberapa jenis bisnis yang dimulai dari hobby atau minat. Memang bagi sebagian orang bisnis ini terkesan seperti bisnis kecil-kecilan saja, tapi bila kamu mampu memasarkan bisnis tersebut dengan baik dan mengaturnya, bukan tidak mungkin bisnis ini akan menjadi sesuatu yang besar. 

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.