3 Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog

Untuk mengetahui perkembangan sebuah blog tentunya kita perlu data mengenai jumlah pengunjung, dan kata kunci apa yang sering digunakan untuk membuka blog kita. Nah untuk itu kita tentunya harus memasang tools untuk menghitung jumlah pengunjung ke blog kita.

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah trafik sebuah blog. Ada yang gratisan dan ada yang berbayar. Menurut saya tools gratisan tidak kalah dengan yang versi yang berbayar, apalagi penyedia toolsnya dari perusahaan ternama. Apa saja tools gratisan ini?

1. Menggunakan Google Analytics

Pemilik blog yang punya blog, baik yang menggunakan CMS ataupun tidak bisa menggunakan tools gratisan yang satu ini. Dengan Google Analytics kita bisa mengetahui banyak data, mulai dari jumlah visitor unik, keywords yang digunakan visitor, dan data lainnya.

Jika kamu pengguna platform blogger tentu sudah mengerti cara menggunakan tools ini. Ketika kita memiliki blog di blogspot, akan sangat mudah untuk membuat sebuah akun di Google Analytics, yaitu dengan menggunakan email yang sama seperti blog kita di blogspot, tidak perlu memasang kode tertentu. Lain halnya jika kita menggunakan platform lain, misalnya WordPress.org, kita harus memasukkan sebaris kode html di dalam blog WordPress kita tersebut.

2. Menggunakan Histats

Tools ini cukup terkenal dikalangan para blogger. Selain datanya cukup akurat, tools ini bisa digunakan secara gratis. Kita tinggal menambahkan kode yang telah disediakan oleh Histat ke dalam blog kita.

Fungsinya sangat mirip dengan Google Analytics, kita bisa melihat jumlah visitor kita Real Time, melihat IP pengunjung blog kita, melihat keywords yang digunakan visitor, dan data lainnya. Kita juga bisa memasang widget statistik blog kita di website kita sehingga para pengunjung bisa melihat data visitor blog kita tersebut.

3. Menggunakan Whos Amung

Whos Amung memiliki fitur tidak sebanyak Histats dan Google Analytics. Dengan menggunakan tools ini, kita bisa mengetahui data real time jumlah visitor blog kita. Cara menggunakannya sangat mudah, kita cukup mengambil script widgetnya di who.amung.us lalu memasangnya pada blog kita.

Itu dia 3 cara mengetahui jumlah trafik blog kita dengan menggunakan tools gratisan. Selain ketiga tools yang sudah disebutkan masih ada tools lainnya. Tapi ketiga tools di atas adalah tools gratisan yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Selamat mencoba.