Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis


Media sosial seringkali digunakan sebagai alat promosi bisnis di internet. Dengan strategi yang tepat, media sosial seperti Facebook dan Twitter bisa melipat gandakan penjualan sebuah bisnis. Bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis? Berikut ulasan singkatnya.

Beberapa tahun belakangan ini pengguna media sosial Twitter dan Facebook di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Kalau dilihat dari kacamata bisnis tentu ini adalah sebuah pangsa pasar yang sangat potensial.

Inilah alasan mengapa banyak sekali produsen dan pebisnis yang kemudian membidik promosi melalui media sosial untuk mengoptimalkan bisnis mereka. Baca juga artikel tentang cara membuat Facebook.

Walaupun potensinya sangat besar, tidak semua pengusaha online mampu mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi dengan baik. Hal ini karena mereka belum mengetahui bagaimana strategi yang baik dalam promosi bisnis di Facebook dan Twitter.

Seperti yang dilakukan seorang pengusaha bernama Dewanto Purnomo (bonekalucu.com), berikut ini adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan media sosial untuk bisnis kamu.

1. Gunakan fasilitas Facebook Fans Page khusus untuk bisnis kamu, bukan akun pribadi atau group. Alasannya adalah Fans Page di Facebook bisa menerima fans sebanyak mungkin, tidak seperti profile pribadi yang hanya bisa punya 5000 teman di Facebook.

2. Sedangkan penggunaan Twitter untuk bisnis sebaiknya menerapkan sistem 2/3 dan 1/3. Artinya 2/3 untuk tweet konten bermanfaat dan 1/3 untuk tweet promosi bisnis kita. Lebih efektif memposting konten yang bermanfaat dan uptodate ketimbang terlalu sering posting promosi bisnis.

3. Cantumkan alamat website atau nomor kontak di halaman Fans Page ataupun akun Twitter untuk bisnis. Hal ini sangat berguna agar calon pelanggan mudah menghubungi kita dengan melihat informasi tersebut di media sosial.

Nah itu dia tips singkat cara mengoptimalkan media sosial untuk bisnis kamu. Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat.