Beberapa Komponen Dalam Pemasaran Online


Sebenarnya internet marketing hampir tidak ada bedanya dengan bisnis real karena membutuhkan beberapa komponen penting dalam pemasarannya. Buat kamu yang saat ini menggeluti bisnis online, harus mengetahui apa saja komponen dalam internet marketing tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis online yang sedang dibangun.

Kalau kita perhatikan, pertumbuhan pemasaran online saat ini sudah mengalami pertumbuhan yang tidak terduga dan tidak terbendung lagi. Banyak sekali strategi pemasaran online yang bermunculan dan diterapkan oleh para pelaku internet marketing.

Beberapa komponen penting dalam pemasaran online tersebut diantaranya adalah:

  1. Produk
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion
  5. People
  6. Physical evidence
  7. Process
Perkembangan internet marketing saat ini kebanyakan dianggap sebagai sebuah kegiatan yang berhubungan dengan kreatifitas dan mengandung seni. Ini bukanlah ilmu pasti yang biasa kita temukan di universitas atau tempat pendidikan pada umumnya.a.

Walaupun begitu, dalam kegiatan pemasaran online kita tidak bisa terlepas dari komponen pemasaran yang disebutkan di atas (7P). Untuk mendukung pengetahuan tersebut kita juga harus memiliki kemampuan dalam mengoptimasi beberapa hal lainnya, diantaranya:
  1. Optimasi landing page
  2. Efektifitas jalur konversi website
  3. Pernyataan manfaat dan kegunaan produk yang dijual
  4. Konten marketing
  5. Optimasi Homepage
  6. Email marketing
Sebenarnya masih ada beberapa komponen lainnya yang perlu dimiliki atau diketahui oleh seorang pemasar online, dan belum sempat dituliskan di artikel singkat ini. Mungkin akan saya tuliskan di artikel-artikel berikutnya. Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat.