4 Kriteria Blog Dianggap Sukses


Setiap blogger pasti menginginkan blog mereka sukses dan bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan dari blog tersebut. Rata-rata blogger pasti kerja keras agar blognya lebih sukses. Lalu apa sih kriteria sebuah blog itu dianggap sukses?

Sukses itu tergantung pemahaman kita masing-masing sebagai blogger, apa tujuan kita membangun sebuah blog. Namun secara umum ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai kriteria bahwa sebuah blog tersebut cukup sukses di internet, diantaranya:

1. Banyaknya artikel berkualitas yang telah dibuat

Kegiatan blogging tentu tidak akan lepas dari kegiatan posting artikel dan konten lainnya. Artikel ini adalah artikel tulisan sendiri yang dibuat oleh si pemilik blog, bukan hasil copas. Selain itu semakin banyak artikel berkualitas yang dibangun maka blog tersebut dianggap bermanfaat dan sukses di internet.

2. Jumlah visitor

Blog tanpa visitor tentu tidak ada artinya. Karena itu, selain artikel yang berkualitas, tentunya sebuah blog juga harus punya visitor yang berkualitas pula, baik dari mesin pencari ataupun dari media internet lainnya. Jumlah visitor juga sangat berpengaruh pada penghasilan yang bisa didapatkan sebuah blog. Semakin banyak visitor nya maka peluang penghasilannya pun semakin besar.

3. Pagerank (PR)

Walaupun bukan yang utama, namun banyak blogger yang menganggap bahwa PR adalah salah satu kriteria sebuah blog itu sukses atau tidak. Semakin tinggi PR nya maka blog tersebut dianggap semakin sukses di internet, walaupun tidak selalu demikian. Yang pasti, semakin tinggi PR sebuah blog maka peluang menang di mesin pencari akan semakin besar.

4. Angka Alexa Rank

Alexa Rank juga merupakan salah satu kriteria bahwa sebuah blog berkualitas dan sukses. Berbeda dengan PR, semakin kecil angka Alexa Rank maka blog tersebut dianggap semakin sukses dan populer di internet. Jika sebuah blog Alexa Rank nya sudah di bawah 100.000, biasanya visitornya sudah cukup banyak dan blog tersebut sudah cukup terkenal di internet, maka sudah bisa dianggap cukup sukses.

Nah demikianlah beberapa kriterian blog dianggap sukses di internet. Mungkin masih ada beberapa kriteria lainnya, namun menurut saya pribadi 4 kriteria di atas lah yang paling sering menjadi acuan.