Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dan Membuatnya Terkenal


Sebenarnya ada banyak sekali strategi yang bisa kita terapkan untuk membuat sebuah blog ramai pengunjung. Informasi ini bisa kita temukan di berbagai artikel di internet saat ini. Saya sudah mencoba beberapa cara yang diterapkan untuk beberapa blog yang saya bangun. Nah pada artikel ini saya ingin berbagi dengan para pembaca.

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung blog dan membuat blog tersebut menjadi lebih terkenal.

1. Menulis Artikel yg Original

Cukup banyak blogger yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menulis konten. Kita tidak harus membuat artikel-artikel yang luar biasa, tapi pastikan bahwa artikel yang kita buat enak dibaca dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Menulis artikel yang benar-benar original memang sulit, karena itu sebaiknya kita sering-sering membaca blog orang lain sehingga kita bisa belajar dari blog orang lain tersebut. Awalnya memang agak sulit, namun lama-kelamaan kamu pasti terbiasa membuat artikel yang enak dibaca.

2. Menulis Topik yg Banyak Dicari di Internet

Blogger bisa menulis artikel tentang apa saja, termasuk kegiatan kita sehari-hari. Nah kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung, maka kamu harus menulis konten-konten yang banyak dicari orang lain. Bagaimana caranya? Kita bisa memanfaatkan fasilitas gratis dari Google, yaitu Google Keyword Planer.

Dengan menggunakan tools ini, kita bisa menemukan berbagai kata kunci yang sering diketikkan pengguna internet di mesin pencari Google. Setelah kita menemukan kumpulan kata kunci tersebut, langkah selanjutnya adalah mulai mencari referensi dari artikel orang lain dan menulisnya dengan cara kita sendiri. Sebaiknya jangan membuat artikel copy paste karena akan merusak kualitas blog kamu.

3. Menulis Dengan Rutin

Kegiatan menulis kadang bisa membosankan, namun kita harus konsisten menulis agar target untuk meningkatkan pengunjung ke blog yang sedang di bangun. Pada saat kamu sedang rajin, sebaiknya menulis beberapa artikel sekaligus akan lebih baik. Tapi jangan diposting sekaligus, kamu bisa atur jadwal postingannya untuk beberapa hari ke depan.

4. Bergabung Dengan Komunitas Online

Ada banyak komunitas online yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan konten yang dibangun di blog. Komunitas online ini bisa media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun forum-forum online yang sudah banyak pengunjungnya.

Pastikan kamu tidak sampai melakukan spam pada komunitas online karena bisa menyebabkan kebosanan atau bahkan dibanned. Membangun komunitas online secara konsisten akan meningkatkan visitor blog kamu secara perlahan-lahan namun pasti.

5. Mengaplikasikan Tehnik SEO Pada Blog

SEO adalah tehnik pemasaran online yang sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Jika blog atau konten blog mendapat peringkat yang bagus di mesin pencari, maka otomatis jumlah pengunjung ke blog tersebut juga akan meningkat.

Sayangnya tehnik SEO ini gampang-gampang susah, jika kamu melakukannya dengan baik maka hasilnya akan meningkatkan pengunjung blog, namun kalau salah dalam menerapkannya maka bisa membahayakan blog. Sebenarnya ada banyak informasi tentang SEO di internet, belajar tentang SEO akan membuat blog kita lebih terkenal untuk jangka panjang.

Nah di atas tadi adalah beberapa tips dan cara meningkatkan pengunjung blog dan membuat blog kita menjadi lebih terkenal. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

  1. Apa Itu SEO, dan Apa Manfaat SEO Untuk Blog?
  2. Pengaruh Kecepatan Load Blog Terhadap SEO
  3. Membuat Website Untuk Bisnis Online