Apakah Harus Ahli SEO Agar Sukses di Bisnis Online?


Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca di Facebook tentang sebuah kata kunci yang lagi ramai diperebutkan oleh para ahli dan pakar di bidang SEO. Keywords itu adalah Pakar SEO. Anehnya beberapa halaman yang saya perhatikan justru tidak membahas tentang pakar SEO, malah tidak ada isinya. Seperti mau guyon atau ingin PAMER saja, saya kurang tahu. Sebenarnya kebanyakan orang sudah salah menempatkan SEO itu didalam internet marketing.

Ya memang, SEO itu adalah bagian dari internet marketing yang sangat khusus. Jika seseorang memiliki keahlian di dalam bidang ini, kemungkinan besar bisnisnya di internet akan meraup untung besar. Nah yang saya herankan kenapa banyak orang yang mengerjar kata kunci Pakar SEO, padahal ini bukan buying keywords. Lebih baik milih kata kunci misalnya Jasa SEO, atau yang lainnya. Tapi entah lah, mereka yang saling sikut di kata kunci itu menurut saya kurang kerjaan, tapi saya yakin mereka cukup ahli dalam SEO.

Lalu pertanyaannya, Apakah harus menjadi ahli SEO agar bisa sukses di bisnis online?

Menurut saya kesuksesan di bisnis online itu bisa didapatkan dengan banyak cara. Walaupun SEO menawarkan trafik gratis, tapi belum tentu lebih baik dari trafik yang berbayar, misalnya memasang iklan di Google Adwords atau Facebook. Bahkan internet marekter yang sukses yang saya kenal justru lebih sering menggunakan trafik berbayar untuk menjual produk atau bisnis mereka. Jadi terjawab sudah, sukses di bisnis online itu banyak jalan, SEO itu bukan jalan satu-satunya.

Menjadi pemenang di mesin pencari untuk kata kunci pakar SEO bukan berarti kita lebih mengerti tentang SEO dibanding orang lain. Menurut saya, justru yang pakar SEO itu sangat jarang menunjukkan keahliannya atau prestasinya, mereka lebih sering bekerja dengan diam-diam dan tersenyum karna optimasinya berhasil. Dan semua itu dia lakukan tanpa diketahui orang lain.

Ditambah lagi, ukuran menjadi seorang pakar SEO bukanlah posisi website di SERP tapi ada hal lain yang harus kita pahami. Google sendiri tidak pernah memberikan piagam atau apalah kepada orang yang mengerti SEO, kenapa kita sibuk mengejar kata kunci pakar SEO?

Kembali ke inti masalah, SEO untuk website itu memang penting tapi untuk sukses di bisnis online bukan ditentukan oleh pakar atau tidaknya kamu di bidang SEO. Internet marketing itu sangat luas bidangnya, dan cara pemasarannya juga sangat banyak. SEO adalah salah satu cara pemasaran internet, namun bukan satu-satunya yang terbaik.

Bila teman-teman membaca artikel ini mungkin ada pro dan kontra, tidak apa. Tapi fakta yang saya sebutkan ini memang benar adanya. Internet marketing itu sangat luas, bukan hanya tentang SEO.