Pengaruh Kecepatan Load Blog Terhadap SEO



Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa kecepatan loading sebuah blog akan sangat berpengaruh pada posisi blog tersebut di Google. Saya adalah salah satu dari sekian banyak blogger yang juga percaya tentang mitos tersebut. Mengapa saya sebut mitos? Karena ternyata ada beberapa ahli SEO yang percaya bahwa kecepatan loading sebuah halaman blog tidak berpengaruh pada SEO.

Memang dulu banyak ahli SEO yang percaya bahwa kecepatan loading halaman blog akan sangat berpengaruh pada SEO. Namun pada kenyataannya banyak sekali website atau blog yang proses loadingnya lebih lama justru punya posisi yang lebih baik di SERP Google. Tentunya ini menimbulkan pertanyaan besar bagi sebagian besar blogger, termasuk kamu.

Google sendiri pernah menyebutkan bahwa kecepatan load berpengaruh pada SEO sebuah website/ blog. Namun banyak ahli yang melihat ini sebagai akal-akalan Google agar pemilik website atau blog menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Google. Kamu bisa membaca mengenai pernyataan Google tersebut di blog Google webmaster central.

Belajar dari pengalaman seorang blogger, dia mengatakan bahwa Google Adsense pernah menganjurkan blogger tersebut agar menggunakan fasilitas Google Speed untuk mempercepat blognya. Setelah si blogger menggunakan fasilitas Google Speed tersebut, ternyata tidak ada perubahan sama sekali dalam hal kecepatan loading pada blognya. Dan tidak ada perubahan sama sekali pada posisi blognya di SERP Google.

Mungkin saja Google menganjurkan pemilik website/ blog untuk menggunakan fasilitas Google Speed milik mereka agar fitur tersebut cepat naik daun dan terkenal. Memang benar bahwa proses loading sebuah website berpengaruh langsung pada pengunjung, blog yang terlalu lama loadingnya kemungkinan besar akan segera ditutup oleh si pengunjung. Sedangkan blog yang loadingnya cepat akan punya kesempatan lebih baik untuk mendapatkan perhatian dari visitor.

Nah, saya melihat pengaruh SEO nya di sana. Ketika pengunjung bosan menunggu loading dan menutup sebuah halaman website, maka website tersebut dianggap tidak bermanfaat oleh robot Google. Lain halnya jika sebuah website bisa dibuka namun untuk proses loading sampai selesai memakan waktu lebih lama. Tentunya jika visitor tetap dapat melihat konten saat proses loading berlangsung, tetap saja website ini dianggap penting oleh crawler. Tapi ini pendapat pribadi saja ya.

Intinya, menurut saya proses loading website yang cepat sangat penting untuk visitor. Pengunjung yang bisa langsung membaca konten lebih cepat pasti akan mendapat perhatian lebih dari para pengunjungnya sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada SEO nya juga. Karena itu, kecepatan loading sebuah blog tetap diperlukan. Bagaimana menurut kamu?