Apa Itu SEO, dan Apa Manfaat SEO Untuk Blog?


Bagi mereka yang ingin berhasil di bisnis online, sangat penting untuk mengetahui apa itu SEO dan apa manfaat SEO untuk sebuah website atau blog. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia berarti Optimasi di Mesin Pencari.

Lalu apa manfaat SEO bagi sebuah website atau blog. Seperti yang kita ketahui saat ini pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak dan akan terus bertambah. Para pengguna internet tersebut seringkali menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Hampir semua pengguna Google lebih suka membuka website yang ada di halaman utama pencarian Google. Nah, kalau sebuah website berada di halaman utama Google pasti akan banyak visitornya.

Sepenting Apa SEO untuk Sebuah Website?

Memang SEO bukan segalanya, namun dengan SEO kita bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis ke arah yang lebih baik. Jika sebuah website bisnis berada di halaman utama untuk sebuah kata kunci yang dicari banyak orang, maka pengunjung website itu tentu akan sangat banyak. Pengunjung yang banyak tentu saja peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar.

Maka dari itu, sebuah website bisnis atau toko online harus dioptimasi untuk memaksimalkan posisinya di mesin pencari. Bukan hanya untuk meningkatkan rangking di mesin pencari, dengan SEO kamu juga bisa meningkatkan pengunjung website yang potensial dan tentu akan menjadi pelanggan bisnis kamu dalam jangka panjang.

Apa Yang Termasuk di Dalam SEO Website?

Kita tidak perlu menjadi seorang pakar SEO untuk mengetahui hal penting yang dibutuhkan dalam optimasi website di mesin pencari. Untuk memaksimalkan nilai SEO sebuah website hanya ada dua hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik website, yaitu SEO On Page dan SEO off page. Mari kita bahas sepintas tentang keduanya:

1. SEO Onpage adalah optimasi yang harus kita lakukan dari sisi website sendiri. Ini berhubungan dengan pemilihan kata kunci yang tepat, memilih judul website yang tepat, memasukkan deskripsi website dengan baik, memuat konten yang berkualitas, dan juga hubungan antar konten (internal link).

2. SEO Off page adalah optimasi yang kita lakukan dari luar website kita. Ini sangat berhubungan dengan backlink dan juga social signal yang diterima oleh sebuah website. Kita bisa membangun backlink secara manual, atau kita juga bisa berharap orang lain mau memberikan link kepada website kita. Pada kebanyakan kasus, pemilik website lebih suka membangun link secara manual ke websitenya untuk membangun reputasi website mereka.

Nah, setelah membaca sepintas tentang SEO ini, tentu kamu ingin mengoptimalkan website/ blog kamu agar lebih baik posisinya di mesin pencari. Pada artikel berikutnya, saya akan coba bahas beberapa cara yang sangat disarankan untuk meningkatkan posisi sebuah website di Google.